Selasa, September 23, 2025
  • Beranda
  • Profil
    • Struktur Organisasi
    • Visi dan Misi
    • Profil Pejabat
      • Bupati dan Wakil Bupati Tegal
      • Sekretaris Daerah
  • Tupoksi
    • Sekretaris Daerah
    • Asisten Setda
      • Asisten Pemerintahan
      • Asisten Ekbang
      • Asisten Administrasi
    • Bagian Setda
      • Bagian Pemerintahan
      • Bagian Hukum
      • Bagian Kesra
      • Bagian Ekbang
      • Bagian Pengadaan Barang dan Jasa
      • Bagian Organisasi
      • Bagian Perencanaan dan Keuangan
      • Bagian Prokompim
      • Bagian Umum
  • Layanan
    • SI JAMPANG
      • Informasi Ruang
      • Alur Peminjaman Ruang
      • Jadwal Pemakaian Ruang
      • Peminjaman Ruang
      • Konfirmasi
    • JDIH
      • Perda
      • Perbup
  • Galeri Foto
  • PPID
  • Download
  • Beranda
  • Profil
    • Struktur Organisasi
    • Visi dan Misi
    • Profil Pejabat
      • Bupati dan Wakil Bupati Tegal
      • Sekretaris Daerah
  • Tupoksi
    • Sekretaris Daerah
    • Asisten Setda
      • Asisten Pemerintahan
      • Asisten Ekbang
      • Asisten Administrasi
    • Bagian Setda
      • Bagian Pemerintahan
      • Bagian Hukum
      • Bagian Kesra
      • Bagian Ekbang
      • Bagian Pengadaan Barang dan Jasa
      • Bagian Organisasi
      • Bagian Perencanaan dan Keuangan
      • Bagian Prokompim
      • Bagian Umum
  • Layanan
    • SI JAMPANG
      • Informasi Ruang
      • Alur Peminjaman Ruang
      • Jadwal Pemakaian Ruang
      • Peminjaman Ruang
      • Konfirmasi
    • JDIH
      • Perda
      • Perbup
  • Galeri Foto
  • PPID
  • Download
No Result
View All Result
Sekretariat Daerah
No Result
View All Result
Home Inspire

Buka Larwasda, Umi Tagih Respon Cepat Masing-masing Instansi

admin by admin
November 15, 2019
Share on FacebookShare on Twitter

Slawi – Bupati Tegal Umi Azizah pada saat membuka acara Gelar Pengawasan Daerah (Larwasda) Kabupaten Tegal Tahun 2019 mengungkapkan bahwa sebagai abdi negara atau pelayan masyarakat harus memahami posisinya di birokrasi sebagai mesin-mesin penggerak pembangunan, pun memiliki tanggung jawab besar untuk menjaga akselerasi kinerja mesin di birokrasi. Meningkatkan kecepatan dan kemampuannya untuk melayani masyarakat, men-deliver barang dan jasa publik untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat yang berkeadilan.

Untuk itu momentum baik ini, Umi mengharapkan respon cepat di masing-masing instansi, serta memanfaatkan kanal lapor bupati. “Bukan soal banyaknya keluhan yang masuk ke OPD tertentu, tapi lebih kepada respon cepat bapak dan ibu dalam menanggapi dan menyelesaikan persoalan publik di lapangan dab ini menjadi catatan penilaian dari saya,” papar Umi di Ruang Rapat Bupati pada Kamis (24/10) pagi.

Terlebih di era keterbukaan informasi publik sekarang ini, Umi menitip pesan untuk membuka saluran komunikasi dan informasi ke masyarakat. Karena cara mudah untuk melihat keseriusan OPD dalam menerapkan prinsip transparansi adalah dengan melihat laman websitenya. “Ibarat sebuah toko, laman bapak dan ibu itu adalah etalasenya. Cerminan budaya kerja organisasi bapak dan ibu dalam menyajikan menu informasi yang paling mudah dilihat publik,” katanya.

Lebih lanjut, di era media sosial seperti ini, sudah bukan jamannya masyarakat bertanya dengan berkirim surat tertulis. Hampir semua keluhan, pertanyaan publik akan layanan organisasi dapat direspon melalui media sosial. Maka dari itu, mulailah menggunakan cara-cara millenial, pendekatan yang kekinian supaya menjadi media rujukan publik untuk memperoleh informasi tentang pembangunan, program dan kegiatan yang berdampak langsung maupun tidak langsung ke publik.

BacaJuga

Sadesa 2025 Batch Dua Dibuka, Kuliah Gratis di Universitas Harkat Negeri

Ischak-Kholid Tinjau Sembilan Lokasi Pekerjaan Infrastruktur

“Sehingga bapak dan ibu akan didorong untuk memiliki sumber daya kreatif, teamwork yang biasanya terdiri dari anak-anak mudah yang akan bekerja menyusun agenda setting, membranding organisasi bapak dan ibu serta memastikan informasi kegiatan terdelivered atau tersampaikan ke publik untuk mendapatkan feedback berupa dukungan suksesnya pelaksanaan program kerja bapak ibu sekalian,” imbuhnya.

Sementara itu ditempat yang sama Inspektur Kabupaten Tegal Aribawa menyampaikan bahwa capaian kinerja Pemkab Tegal sejak tahun 2016 sampai 2019 sekarang ini dalam pengelolaan keuangan telah mengalami peningkatan ditandai dengan mendapatkan predikat Wajar Tanpa Pengecualian atau WTP. Sementara perkembangan Tindak Lanjut BPK RI juga mengalami peningkatan, di tahun 2016 prestasi Kabupaten Tegal masih dibawah rata-rata atau 67,9% sedangkan Jawa Tengah 82 persen.

“Berkat kerja keras seluruh OPD di tahun 2017 sudah mulai peningkatan, yaitu 84,88 persen, 2018 meningkat kembali 90,07 persen. Untuk Tindak Lanjut Inspektorat Jawa Tengah, alhamdulillah tahun ini 100%,” tuturnya.

Terkait pengaduan masyarakat, Aribawa menjelaskan bahwa di tahun 2017 terdapat 45 aduan, sedangkan 2018 terdapat 66 aduan dan tahun 2019 sampai bulan Oktober terdapat 36 aduan. Aribawa mengharapkan dengan adanya Larwasda Tahun 2019 ini yang menghadirkan beberapa narasumber terkait dapat mewujudkan pemerintahan yang bersih, terbuka, akuntabel dan efektif dalam melayani rakyat.

Adapun narasumber Larwasda 2019 kali ini diantaranya, Inspektur Inspektorat Provinsi Jawa Tengah Hendri Santosa, Kepala Sub Auditorat Jateng Wilayah 4 BPK RI Perwakilan Jateng Nelson Humiras Halomoan Siregar , Kabid Akuntabilitas Pemerintah Daerah BPKP Jateng Fajar Budoyo. (OI)

Next Post

Kominfo menjadi Core Business Penyelenggaraan Birokrasi Pemerintah

Discussion about this post

Recommended.

Bupati Ischak: Arus Mudik di Tol Masih Terpantau Lancar

Bupati Ischak: Arus Mudik di Tol Masih Terpantau Lancar

April 9, 2025
Bupati Tegal Minta Kontraktor Tak Berikan Fee untuk Dapatkan Proyek

Bupati Tegal Minta Kontraktor Tak Berikan Fee untuk Dapatkan Proyek

Maret 25, 2021

Trending.

Sadesa 2025 Batch Dua Dibuka, Kuliah Gratis di Universitas Harkat Negeri

Sadesa 2025 Batch Dua Dibuka, Kuliah Gratis di Universitas Harkat Negeri

September 21, 2025
Bupati Tegal Pimpin Apel Sinergitas Tiga Pilar, Tegaskan Komitmen Jaga Kondusifitas Daerah

Bupati Tegal Pimpin Apel Sinergitas Tiga Pilar, Tegaskan Komitmen Jaga Kondusifitas Daerah

September 2, 2025
Kuota Program Kuliah Gratis di Empat Perguruan Tinggi Hampir Terpenuhi

Kuota Program Kuliah Gratis di Empat Perguruan Tinggi Hampir Terpenuhi

Agustus 27, 2025
Pemkab Tegal dan DPRD Siap Tindaklanjuti Aspirasi GMTB

Pemkab Tegal dan DPRD Siap Tindaklanjuti Aspirasi GMTB

September 4, 2025
Ischak-Kholid Tinjau Sembilan Lokasi Pekerjaan Infrastruktur

Ischak-Kholid Tinjau Sembilan Lokasi Pekerjaan Infrastruktur

September 21, 2025
Sekretariat Daerah

Jl. Dr. Soetomo No. 1 Slawi, Kode Pos 52417 | Telp. (0283) 491764 - 65 Fax. (0283) 491670

No Result
View All Result
  • Beranda
  • Profil
    • Struktur Organisasi
    • Visi dan Misi
    • Profil Pejabat
      • Bupati dan Wakil Bupati Tegal
      • Sekretaris Daerah
  • Tupoksi
    • Sekretaris Daerah
    • Asisten Setda
      • Asisten Pemerintahan
      • Asisten Ekbang
      • Asisten Administrasi
    • Bagian Setda
      • Bagian Pemerintahan
      • Bagian Hukum
      • Bagian Kesra
      • Bagian Ekbang
      • Bagian Pengadaan Barang dan Jasa
      • Bagian Organisasi
      • Bagian Perencanaan dan Keuangan
      • Bagian Prokompim
      • Bagian Umum
  • Layanan
    • SI JAMPANG
      • Informasi Ruang
      • Alur Peminjaman Ruang
      • Jadwal Pemakaian Ruang
      • Peminjaman Ruang
      • Konfirmasi
    • JDIH
      • Perda
      • Perbup
  • Galeri Foto
  • PPID
  • Download

© 2025 Prokompim Setda Kabupaten Tegal – All Right Reserved.