Jumat, Desember 5, 2025
  • Beranda
  • Profil
    • Struktur Organisasi
    • Visi dan Misi
    • Profil Pejabat
      • Bupati dan Wakil Bupati Tegal
      • Sekretaris Daerah
  • Tupoksi
    • Sekretaris Daerah
    • Asisten Setda
      • Asisten Pemerintahan
      • Asisten Ekbang
      • Asisten Administrasi
    • Bagian Setda
      • Bagian Pemerintahan
      • Bagian Hukum
      • Bagian Kesra
      • Bagian Ekbang
      • Bagian Pengadaan Barang dan Jasa
      • Bagian Organisasi
      • Bagian Perencanaan dan Keuangan
      • Bagian Prokompim
      • Bagian Umum
  • Layanan
    • SI JAMPANG
      • Informasi Ruang
      • Alur Peminjaman Ruang
      • Jadwal Pemakaian Ruang
      • Peminjaman Ruang
      • Konfirmasi
    • JDIH
      • Perda
      • Perbup
  • Galeri Foto
  • PPID
  • Download
  • Beranda
  • Profil
    • Struktur Organisasi
    • Visi dan Misi
    • Profil Pejabat
      • Bupati dan Wakil Bupati Tegal
      • Sekretaris Daerah
  • Tupoksi
    • Sekretaris Daerah
    • Asisten Setda
      • Asisten Pemerintahan
      • Asisten Ekbang
      • Asisten Administrasi
    • Bagian Setda
      • Bagian Pemerintahan
      • Bagian Hukum
      • Bagian Kesra
      • Bagian Ekbang
      • Bagian Pengadaan Barang dan Jasa
      • Bagian Organisasi
      • Bagian Perencanaan dan Keuangan
      • Bagian Prokompim
      • Bagian Umum
  • Layanan
    • SI JAMPANG
      • Informasi Ruang
      • Alur Peminjaman Ruang
      • Jadwal Pemakaian Ruang
      • Peminjaman Ruang
      • Konfirmasi
    • JDIH
      • Perda
      • Perbup
  • Galeri Foto
  • PPID
  • Download
No Result
View All Result
Sekretariat Daerah
No Result
View All Result
Home Berita Utama

Evaluasi Kinerja, Umi Kumpulkan PIC Lapor Bupati Tegal

admin by admin
Februari 1, 2019
Share on FacebookShare on Twitter

Slawi – Tingkatkan kepuasan layanan publik pemerintah, Bupati Tegal Umi Azizah bersama Bagian Humas dan Protokol Setda mengevaluasi kinerja Aplikasi Lapor Bupati Tegal. Koordinasi yang diikuti seluruh Personil in Charge (PIC) layanan Lapor Bupati ini digelar di Ruang Rapat Bupati, hari Kamis (31/1) pagi kemarin.

Didampingi Kepala Bagian Humas dan Protokol Setda Kabupaten Tegal Zefri Yusuf, lewat sambutannya Umi mengatakan bahwa dirinya bersama OPD adalah pelayan yang tugasnya melayani rakyat. “Tuan kita adalah rakyat dimana kepuasan publik menjadi indikator kita dalam bekerja”, kata Umi.

Sejalan dengan itu, Umi minta agar semua keluhan warga bisa direspon cepat. Umi menegaskan, PIC harus tanggap dan bergerak cepat manyampaikan informasi keluhan atau laporan dari warga ke pimpinan masing-masing.

“Jadi yang penting direspon dulu keluhan dari masyarakat. Soal data atau informasi pendukung lainnya bisa dicari sambil meninjaklanjuti laporan,” ujar Umi.

BacaJuga

Pemkab Tegal Raih Penghargaan Link and Match Kementerian Perindustrian

3.962 Tenaga Honorer di Kabupaten Tegal Diangkat PPPK Paruh Waktu

Lebih lanjut Umi menyampaikan apresiasinya pada PIC yang menjawab aduan masyarakat dengan bahasa yang tidak kaku, karena birokrasi era sekarang harus luwes dan akrab dengan rakyatnya.

Menurut Umi, sebagaimana amanat Undang-Undang 25/2009 tentang Pelayanan Publik, penyediaan layanan pengaduan masyarakat seperti Lapor Bupati ini adalah kewajiban setiap penyelenggara pelayanan publik. “Disisi yang sama, Lapor Bupati Tegal adalah frontline, wajah dari kinerja birokrasi kita. Lewat layanan inilah pemerintah memberikan kesempatan ke publik untuk menyampaikan keluhan atau pengaduannya manakala ada pelayanan yang diterimanya tidak sesuai dengan harapan atau apa yang dijanjikan pemberi layanan,” terangnya.

Di era keterbukaan, lanjut Umi, menilai wajar jika masyarakat kemudian menyampaikan prasangka tidak baiknya di media sosial karena mereka menginginkan layanan yang terbaik. “Jadi, jangan sungkan untuk meminta maaf jika memang kurang dalam membrikan pelayanan, apa kurang cepat, kurang ramah dan sebagainya”, katanya.

Disampaikan Umi jika setiap pagi dirinya selalu memantau perkembangan pengaduan masyarakat, baik lewat SMS Lapor Bupati di 085600080709 maupun aplikasi androidnya, termasuk yang di media sosial. “Kesimpulan saya, kinerja pelayanan publik kita semakin baik, hanya responnya saja yang dipercepat”, ungkapnya.

Untuk itu, imbuh Umi, PIC di semua OPD tidak hanya merespon keluhan warga dengan jawaban solutif, tapi juga mengunggah tindaklanjut penyelesaiannua di lapangan ke  media sosial, disertai foto atau tayangan video dengan tagar “LaporBupTegal”.

Hal tersebut menurutnya penting, karena berkaitan dengan aspek transparansi. “Tujuannya agar masyarakat mengetahui bahwa keluhannya sudah direspon dan ditindaklanjuti, sekaligus mengedukasi atau memberikan solusi pada masyarakat atas permasalahan yang sama”, katanya.

Acara kemudian dilanjutkan dengan dialog bersama seluruh peserta rapat yang dipandu oleh Kepala Sub Bagian Pemberitaan dan Dokumentasi Bagian Humas dan Protokol Setda Kabupaten Tegal Hari Nugroho. Sebelum memulai sesi dialog, Hari mengumumkan lima orang PIC Lapor Bupati terbaik untuk periode layanan Oktober 2018 hingga Januari 2019. Masing-masing dari mereka mendapat tas punggung. “Lima PIC terbaik tersebut adalah dari BPJS Kesehatan, Dinas Kesehatan, PLN, Kecamatan Kramat dan Disdukcapil”, katanya.

Tags: BupatiTegalLaporBupatiPIC
Next Post

Respon Cepat Keluhan Pedagang, Umi Sidak Pasar Lebaksiu

Discussion about this post

Recommended.

Bazar Ramadhan SRC Berhasil Jual 1.600 Paket Sembako Murah

Bazar Ramadhan SRC Berhasil Jual 1.600 Paket Sembako Murah

Maret 25, 2025

Perangkat Desa Harus Paham Perencanaan

April 10, 2018

Trending.

Benahi Data Penerima Bansos Melalui Fitur Usul dan Sanggah Aplikasi Cek Bansos

Benahi Data Penerima Bansos Melalui Fitur Usul dan Sanggah Aplikasi Cek Bansos

November 15, 2025
3.962 Tenaga Honorer di Kabupaten Tegal Diangkat PPPK Paruh Waktu

3.962 Tenaga Honorer di Kabupaten Tegal Diangkat PPPK Paruh Waktu

Desember 3, 2025
Haddad Alwi Siap Ramaikan Pembukaan MTQH Jawa Tengah di Kota Slawi

Haddad Alwi Siap Ramaikan Pembukaan MTQH Jawa Tengah di Kota Slawi

November 7, 2025
Kabupaten Tegal Siap Jadi Tuan Rumah MTQH XXXI Jawa Tengah 2025

Kabupaten Tegal Siap Jadi Tuan Rumah MTQH XXXI Jawa Tengah 2025

September 8, 2025
Menyuarakan Kesetaraan Hak Guru PAUD Nonformal

Menyuarakan Kesetaraan Hak Guru PAUD Nonformal

Oktober 17, 2025
Sekretariat Daerah

Jl. Dr. Soetomo No. 1 Slawi, Kode Pos 52417 | Telp. (0283) 491764 - 65 Fax. (0283) 491670

No Result
View All Result
  • Beranda
  • Profil
    • Struktur Organisasi
    • Visi dan Misi
    • Profil Pejabat
      • Bupati dan Wakil Bupati Tegal
      • Sekretaris Daerah
  • Tupoksi
    • Sekretaris Daerah
    • Asisten Setda
      • Asisten Pemerintahan
      • Asisten Ekbang
      • Asisten Administrasi
    • Bagian Setda
      • Bagian Pemerintahan
      • Bagian Hukum
      • Bagian Kesra
      • Bagian Ekbang
      • Bagian Pengadaan Barang dan Jasa
      • Bagian Organisasi
      • Bagian Perencanaan dan Keuangan
      • Bagian Prokompim
      • Bagian Umum
  • Layanan
    • SI JAMPANG
      • Informasi Ruang
      • Alur Peminjaman Ruang
      • Jadwal Pemakaian Ruang
      • Peminjaman Ruang
      • Konfirmasi
    • JDIH
      • Perda
      • Perbup
  • Galeri Foto
  • PPID
  • Download

© 2025 Prokompim Setda Kabupaten Tegal – All Right Reserved.