Jumat, September 19, 2025
  • Beranda
  • Profil
    • Struktur Organisasi
    • Visi dan Misi
    • Profil Pejabat
      • Bupati dan Wakil Bupati Tegal
      • Sekretaris Daerah
  • Tupoksi
    • Sekretaris Daerah
    • Asisten Setda
      • Asisten Pemerintahan
      • Asisten Ekbang
      • Asisten Administrasi
    • Bagian Setda
      • Bagian Pemerintahan
      • Bagian Hukum
      • Bagian Kesra
      • Bagian Ekbang
      • Bagian Pengadaan Barang dan Jasa
      • Bagian Organisasi
      • Bagian Perencanaan dan Keuangan
      • Bagian Prokompim
      • Bagian Umum
  • Layanan
    • SI JAMPANG
      • Informasi Ruang
      • Alur Peminjaman Ruang
      • Jadwal Pemakaian Ruang
      • Peminjaman Ruang
      • Konfirmasi
    • JDIH
      • Perda
      • Perbup
  • Galeri Foto
  • PPID
  • Download
  • Beranda
  • Profil
    • Struktur Organisasi
    • Visi dan Misi
    • Profil Pejabat
      • Bupati dan Wakil Bupati Tegal
      • Sekretaris Daerah
  • Tupoksi
    • Sekretaris Daerah
    • Asisten Setda
      • Asisten Pemerintahan
      • Asisten Ekbang
      • Asisten Administrasi
    • Bagian Setda
      • Bagian Pemerintahan
      • Bagian Hukum
      • Bagian Kesra
      • Bagian Ekbang
      • Bagian Pengadaan Barang dan Jasa
      • Bagian Organisasi
      • Bagian Perencanaan dan Keuangan
      • Bagian Prokompim
      • Bagian Umum
  • Layanan
    • SI JAMPANG
      • Informasi Ruang
      • Alur Peminjaman Ruang
      • Jadwal Pemakaian Ruang
      • Peminjaman Ruang
      • Konfirmasi
    • JDIH
      • Perda
      • Perbup
  • Galeri Foto
  • PPID
  • Download
No Result
View All Result
Sekretariat Daerah
No Result
View All Result
Home Uncategorized

Wujudkan Pemerintahan Bersih, Pemkab Tegal Teken Pakta Integritas

admin by admin
Februari 20, 2019
Share on FacebookShare on Twitter

Slawi – Reformasi birokrasi sangat diperlukan di sebuah instansi guna mewujudkan pemerintahan yang bersih, terbuka, akuntabel dan efektif dalam melayani masyarakat. Dengan demikian akan tercipta pelayanan publik yang memuaskan dan dapat dipercaya oleh masyarakat.

Pernyataan tersebut disampaikan oleh Bupati Tegal, Umi Azizah saat acara Penandatanganan Pakta Integritas APIP Dalam Mengawal Reformasi Birokrasi, di Aula Inspektorat Kabupaten Tegal, Rabu (20/2) siang.

Melalui reformasi birokrasi ini, Umi berharap semua stakeholder dapat mengawal dan mendukung tercapainya tujuan pembangunan. Sebagaimana tertuang dalam visi-misi pertama masa pemerintahan Umi-Ardie Tahun 2020-2024.

“Untuk itulah mengapa saya tempatkan misi reformasi birokrasi sebagai misi pertama, tidak lain adalah mewujudkan pemerintahan yang bersih dan melayani. Salah satu indikatornya adalah tercapainya pengelolaan keuangan daerah yang efektif,” katanya.

BacaJuga

Bupati Tegal Resmikan Pondok Pesantren Lirboyo Cabang Tegal, Dihadiri Wakil Gubernur Jateng

Kebudayaan Menjadi Inspirasi Kehidupan Berkelanjutan

Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP) menurut Umi, sangat membantu dalam membangun sistem pengendalian pengelolaan keuangan yang efektif. Mulai dari perencanaan, pelaksanaan, penatausahaan, pelaporan, pertanggungjawaban dan pengawasannya.

Selain itu, lanjut Umi, dapat menjadi kemampuan untuk mengarahkan perilaku organisasi agar dapat menyesuaikan diri dengan strategi, tujuan dan nilai-nilai organisasi. “Pengendalian internal tidak hanya fokus pada sistem pengelolaan keuangan daerahnya saja, tapi juga kepatuhannya pada peraturan,” papar Umi.

Pada kesempatan baik ini, Umi menitip pesan kepada seluruh stakeholder untuk mempertahankan penghargaan yang telah dicapai oleh Pemkab Tegal. Dikatakan Umi, bahwa Rapor SAKIP 2018 Pemkab Tegal berhasil meraih peringkat B, yang sebelumnya mendapatkan CC. Artinya terjadi peningkatan dari sisi akuntabilitas kinerja, pelayanan publik dan efektifitas serta efisiensi penggunaan anggaran.

“Dengan sistem pengendalian yang baik ini, kemungkinan terjadinya masalah dapat dideteksi lebih dini dan segera diselesaikan. Untuk itu, mari implementasikan SPIP sebagai bagian dari budaya kerja serta dijalankan secara baik,” pesan Umi.

Ditempat yang sama, Inspektur Kabupaten Tegal, Aribawa mengungkapkan bahwa dalam mewujudkan reformasi birokrasi perlu komitmen dan kerjasama semua pihak. Sebagai wujud komitmen ini, maka diadakan penandatanganan Pakta Integritas oleh Bupati dengan sejumlah Kepala OPD setempat.

Ditambahkan Ari, terdapat delapan indikator kinerja dalam mewujudkan reformasi birokrasi, diantaranya indeks reformasi birokrasi, indeks kepuasan masyarakat, indeks sistem pemerintahan berbasis elektronik, nilai SAKIP Kabupaten dan opini BPK serta indeks profesionalitas ASN.

Next Post

Peringatan HPSN: Asosiasi Bank Sampah Indonesia Tegal Dikukuhkan

Discussion about this post

Recommended.

IKBT-BA dan IKASAMA Salurkan Bantuan untuk Warga Tegal

IKBT-BA dan IKASAMA Salurkan Bantuan untuk Warga Tegal

Mei 4, 2020
Sekda Amir Resmikan Produksi Sigaret Kretek Tangan di KPI Margasari

Sekda Amir Resmikan Produksi Sigaret Kretek Tangan di KPI Margasari

Desember 14, 2024

Trending.

Bupati Tegal Pimpin Apel Sinergitas Tiga Pilar, Tegaskan Komitmen Jaga Kondusifitas Daerah

Bupati Tegal Pimpin Apel Sinergitas Tiga Pilar, Tegaskan Komitmen Jaga Kondusifitas Daerah

September 2, 2025
Kuota Program Kuliah Gratis di Empat Perguruan Tinggi Hampir Terpenuhi

Kuota Program Kuliah Gratis di Empat Perguruan Tinggi Hampir Terpenuhi

Agustus 27, 2025
Pemkab Tegal dan DPRD Siap Tindaklanjuti Aspirasi GMTB

Pemkab Tegal dan DPRD Siap Tindaklanjuti Aspirasi GMTB

September 4, 2025
Pancasila Bintang Pemandu Kehidupan Bangsa Indonesia

Pancasila Bintang Pemandu Kehidupan Bangsa Indonesia

Juni 1, 2024
Baksos TNI AU Peduli, Bagikan 1000 Paket Sembako

Baksos TNI AU Peduli, Bagikan 1000 Paket Sembako

November 8, 2020
Sekretariat Daerah

Jl. Dr. Soetomo No. 1 Slawi, Kode Pos 52417 | Telp. (0283) 491764 - 65 Fax. (0283) 491670

No Result
View All Result
  • Beranda
  • Profil
    • Struktur Organisasi
    • Visi dan Misi
    • Profil Pejabat
      • Bupati dan Wakil Bupati Tegal
      • Sekretaris Daerah
  • Tupoksi
    • Sekretaris Daerah
    • Asisten Setda
      • Asisten Pemerintahan
      • Asisten Ekbang
      • Asisten Administrasi
    • Bagian Setda
      • Bagian Pemerintahan
      • Bagian Hukum
      • Bagian Kesra
      • Bagian Ekbang
      • Bagian Pengadaan Barang dan Jasa
      • Bagian Organisasi
      • Bagian Perencanaan dan Keuangan
      • Bagian Prokompim
      • Bagian Umum
  • Layanan
    • SI JAMPANG
      • Informasi Ruang
      • Alur Peminjaman Ruang
      • Jadwal Pemakaian Ruang
      • Peminjaman Ruang
      • Konfirmasi
    • JDIH
      • Perda
      • Perbup
  • Galeri Foto
  • PPID
  • Download

© 2025 Prokompim Setda Kabupaten Tegal – All Right Reserved.