Slawi – Memasuki bulan ketiga tahun 2019, Inspektorat Kabupaten Tegal mengadakan Rapat Koordinasi Komite Audit dengan Aparat Pengawas Internal Pemerintah (APIP) Selasa (26\3) di Aula Kantor Inspektorat Kabupaten Tegal.
“Jika pencapaian total OPD hanya 50 persen, maka pada evaluasi nanti kita akan mutasi 50 persen kepala OPD” ujarnya Ardie. Langkah ini akan Ia tempuh demi kepuasan pelayanan masyarakat. Ardie akan mengusulkan mutasi ke Bupati Tegal, sejumlah 50 persen dari posisi Kepala OPD sesuai indek pencapaian. Ia juga menambahkan perlunya ada komunikasi intensif komite audit dengan APIP, untuk memudahkan tugas pembinaan, pengawasan dan pengendalian.
“wah bahaya ini, kalau benar terjadi hanya 50 persen, artinya saya harus mutasi yang sisanya dong” kata Ardie. Target capaian inspektorat di taun 2019 ini hanya 50 persen dari seluruh jumlah OPD yang mencapai target, sesuai pemaparan Inspektur Inspektorat Bambang Kusnandar Aribawa.
Makanya saya push inspektorat untuk upaya pencegahan, memperbaiki sistem pengawasan kegiatn, melakukan pembinaan dan meningkatkan kapasitas para inspektur. Dengan cara kita fokus ke perbaikan sistem tidak akan ada OPD yang miss target, pungkasnya.
Sementara itu, Kepala Bappeda Suharmanto mengemukakan pendapatnya. Menurutnya masih banyak yang harus kita urai, agar agenda reformasi birokrasi bisa berjalan dengan baik. Ia mengatakan ada beberapa hal kadang kontradiktif antara rancangan dan lapangan. Pihaknya mengapresiasi langkah Ardie menyelesaikan masalah ini dari hulu ke hilir.
Sejalan dengan Ardie, Asisten Pembangunan Moh. Nur Ma’mun menyatakan sarana dan prasarana sangat berpengaruh dalam pelaksanaan tugas. Dan resiko tugas juga harus diimbangi kesejahteraan. Ia juga mengatakan bahwa Komite Audit merupakan mitra kerja, maka semua harus kooperatif. Kita tidak boleh mandul dalam pemeriksaan, tegasnya.
Ardie hadir didampingi Plt. Asisten Pemerintahan Eko Jati Suntoro, Kepala Bappeda Suharmanto serta Inspektur Inspektorat Bambang Kusnandar Aribawa.
Terakhir Ardie minta blueprint SOP semua kegiatan pelayanan. Iya berpesan agar minimal satu minggu saya sudah dapat laporan, sampai dimana SOP kegiatan pelayanan dibuat.
Discussion about this post